10 Rekomendasi Aplikasi dan Platform Online Gratis dan Berbayar untuk Membuat Video Animasi Explainer

Everybody wants the platform but nobody wants the process ― Pastor John Gray

Salah satu kesalahan saat ingin memproduksi video animasi explainer adalah tidak menyegerakan eksekusi. Wah tapi nggak jago Adobe After Effect? Mepet banget kalau harus belajar After Effect dulu? Saat itu, kamu benar-benar sedang menghambat proses eksekusi.

Saat ini banyak sekali platform online yang menyediakan template video animasi explainer dengan kualitas yang tidak kalah baik dengan Adobe After Effect. Coba ketikan keyword “Free Online Animation Explainer Maker” pada pencarian google, maka kamu akan menemukan beberapa rekomendasi aplikasi dan platform yang menyedikan template instan. Platform tersebut bisa mempercepat waktu eksekusi, mengeliminasi waktu training, serta menghemat budged produksi video animasi explainermu.

Rekomendasi Aplikasi dan Platform Online Video Animasi Explainer Gratis dan Berbayar

Kali ini ilustrasi.id akan berbagi daftar aplikasi dan platform online yang menyediakan template video animasi explainer dengan jenis animasi 2D dan whiteboard animation.

Vyond adalah platform video animasi explainer jenis 2D sekaligus whiteboard animation yang berbasis website – jadi tidak perlu download software tambahan untuk eksekusi. Klaimnya, Vyond cocok digunakan untuk pro use, bisnis, desain instruksional, dan freelancer.

Vyond menyediakan lebih dari 100 template dan masih terus diupgrade, jadi kamu tidak akan kebingungan mencari scene yang cocok untuk kebutuhanmu. Selain scene, Vyond juga menyediakan banyak style komponen dan bisa dicustomize. Misal kamu ingin membuat karakter dengan kulit gelap dengan baju berwarna biru muda, hal itu bisa dilakukan di Vyond. Tapi kalau kamu menginginkan lebih banyak komponen lagi, kamu bisa berlangganan. Kamu tidak usah khawatir, kini Vyond menyediakan free trial selama 14 hari. Kamu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Di Vyond kamu hanya bisa menggunakan satu action per-scene. Misal kamu ingin adegan ke berjalan maka kamu harus memproduksi tiga action dan scene – duduk, berdiri, dan berjalan. Selain itu kamu juga bisa menikmati fasilitas lip sync.

Harga: 49$, 89$, dan 159$

Toonly adalah platform video animasi explainer jenis animasi 2D yang berbasis software. Jadi kamu memerlukan aplikasi tambahan yang harus kamu download dari platform tersebut. Toonly tidak menyediakan template sama sekali – blank canvas – serta karakter yang tidak bisa dicustomize. Di Toonly, kamu memerlukan kreativitas ekstra untuk menghasilkan produk yang bagus.

Berbeda dengan Vyeond, di Toonly kamu bisa menambahkan >1 action per-scene atau dikenal juga sebagai playhead logic. Misal kamu ingin membuat adegan berjalan, maka kamu memerlukan satu scene dan bisa langsung ditambah 3 adegan sekaligus – duduk, berdiri, dan berjalan.

Beberapa reviewer berpendapat Toonly cocok digunakan untuk fungsi pribadi, ucapan selamat ulang tahun, undangan, dan animasi untuk ucapan lainnya.

Harga: 39$ dan 69$

Doratoon adalah platfom video animasi explainer 2D berbasis website dengan layanan free trial paling lama – 60 hari. Meskipun Doratoon memiliki durasi trial yang lama, namun hasil exportnya setara dengan pro loh. Doratoon juga menyediakan banyak template dengan elemen yang bisa diganti-ganti, baik itu warna maupun stylenya. Kamu benar-benar bisa mempertimbangkan penggunaannya.

Harga: 19$ dan 49$ per tahun

Animaker adalah platform video animasi explainer jenis 2D yang berbasis website. Kelebihan dari platform ketersediaan fitur integrasi dengan delapan media visual, kolaborasi multi-pengguna, dan memiliki komponen karakter yang paling banyak dibanding platform lain. Untuk mendapatkan video dan layanan yang optimal, kamu disarankan juga menggunakan Animaker Deck. Menurut Capterra, animaker cocok digunakan untuk branding, marketing, dan media presentasi.

Harga: 19$

Wideo adalah platform online video animasi explainer yang berbasis website dengan 5 hari masa trial. Wideo mengedepankan produk animasi untuk presentasi visual, pemasaran, dan agen digital. Kamu bisa menggunakan template atau menggunakan komponen yang kamu buat sendiri.

Harga: 59$ perbulan

Explaindio adalah platform video animasi explainer jenis 2D dan whiteboard animation sekaligus berbasis software dengan layanan free trial selama 14 hari. Kamu bisa mendapatkan 90 scene gratis. Tapi kalau sudah upgrade berbayar, kamu bisa mendapatkan lebih dari 200 scene, 800 doodle sketch, dan 6 karakter animasi.

Harga: 37$, 67$

Sparkol Videoscribe adalah platform online video animasi explainer jenis whiteboard animation berbasis software. Videoscribe menyedikan template terbatas – tidak sebanyak Vyond dan Doratoon – serta blank canvas sekaligus, serta komponen yang sangat banyak. Kamu juga bisa menambahkan komponen tambahan dengan berbagai format, seperti jpeg, png, dan svg.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti style tangan penggambar dengan template yang disediakan. Videoscribe cocok digunakan untuk iklan layanan masyarakat, video pembelajaran, dan video pelatihan. Kekurangannya, jika kamu termasuk pengguna trial – satu minggu – kamu tidak bisa menghindari watermark pada video yang kamu export.

Price: 8$, 17,50$, dan 35$

MySimpleShow adalah platform online video animasi explainer berbasis website dalam lebih dari 20 bahasa. Platform ini terlihat sangat mirip sekali dengan Sparkol Videoscribe, namun opsi pilihan komponennya tidak sebanyak Videoscribe.

Harga: 5,99$

RawShorts adalah platform online video animasi explainer jenis whiteboard animation dan 2D berbasis software. Sama seperti VideoScirbe, RawShorts menyediakan layanan free trial selama tujuh hari. RawShort juga menyediakan beberapa jenis template video explainer, seperti untuk: company profile, events, greeting, personal finance, landing page, dan aplikasi.

Harga: 39$ dan 59$ perbulan

Doodly adalah platform online video animasi explainer jenis whiteboard animation berbasis software. Sayangnya Doodly tidak memberikan layanan free trial, namun audiens bisa membuat video pertama gratis dengan durasi 60 detik – kamu harus membeli untuk mencobanya.

Doodly menyediakan komponen yang bisa kamu edit, seperti mengganti warna, menambahkan sticker. Kamu juga bisa menambahkan komponen baru, namun ilustrasi.id sarankan menggunakan gambar vektor, supaya animasinya bisa hidup.

Harga: 39$ dan 69$ per bulan

Hampir keseluruhan konsep platform online video animasi explainer adalah drag and drop, maka kamu harus memastikan komponen penyusun animasi tersebut harus bagus. Rekomendasi ilustrasi.id, gunakanlah gambar vektor untuk mengurangi resiko komponen pecah.

Template atau custom video animasi explainer?

Keduanya sama-sama bisa digunakan karena terbebas dari lisensi grafik. Template video animasi explainer memang lebih cepat dan mudah diproduksi serta tidak memerlukan training tambahan, Namun – karena template – pasti sudah sering digunakan oleh pengguna lain. Jadi kesan eksklusif dan uniknya tidak setinggi custom video animasi explainer.

Coba bayangkan kamu sedang mencari jasa tour and travel di instagram, kemudian kamu menemukan dua video penawaran dengan template yang sama. Apa yang kamu pikirkan? Apakah masih ada kesan eksklusif dan unik?

Menurut ilustrasi.id, template video animasi explainer bisa kamu gunakan untuk kepentingan pribadi seperti untuk bahan ajar, sedangkan untuk kepentingan komersil atau branding, sebaiknya gunakan custom animasi explainer.

Jangan ragu-ragu untuk memberi tahu tim ilustrasi.id bila kamu memerlukan jasa custom video animasi explainer yah. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa mengunjungi portofolio kami di sini. Mari berkolaborasi untuk berkembang bersama.

Semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id