Video Iklan Layanan Masyarakat | Jasa Animasi Explainer dan Whiteboard Animation

[ilustrasi] Video layanan masyarakat BAWASLU Jateng - pilkada wajib protokol kesehatan (ilustrasi.id)

Iklan layanan masyarakat adalah penyiaran yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan ataupun lembaga non profit lainnya. Seperti video himbauan menjaga protokol kesehatan, program keluarga berencana, informasi layanan pengurusan surat penting, informasi peraturan ketertiban lalu lintas dan masih banyak lagi.

Kini iklan layanan masyarakat tidak terbatas di televisi dan surat kabar saja. Lembaga terkait bisa mempublikasikan iklan layanan itu menggunakan media sosial dan website resmi milik lembaga.

Sejarah singkat iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat pertama kali disiarkan oleh Ad Council Inc, organisasi periklanan di Amerika Serikat, saat Perang Dunia II. Iklan tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat Amerika untuk memenangkan perang dunia, serta menghimbau masyarakat untuk memberikan surat berharga bagi negara untuk biaya perang.

Ada beberapa kriteria iklan yang masuk ke dalam kategori iklan layanan masyarakat, yaitu: tidak bersifat keagamaan, non politis, non profit, berwawasan nasional, diajukan oleh organisasi atau lembaga yang diakui pemerintah, dan memiliki dampak yang besar.

Fungsi iklan layanan masyarakat

Berikut ini adalah fungsi iklan layanan masyarakat

  1. Informing

Iklan berfungsi untuk menginformasikan program, layanan, dan aktivitas yang berkaitan dengan masyarakat atau kepentingan sosial. Seperti video cara dan syarat vaksinasi COVID 19 untuk lansia, pencegahan COVID 19

  1. Persuasing

Iklan yang berfungsi untuk menghimbau atau membujuk masyarakat untuk melakukan tindakan, seperti KB, pembuatan KTP Elektronik, mengisi kolom sensus penduduk,dan BPJS

  1. Reminding

Iklan yang berfungsi untuk mengingatkan masyarakat terhadap program atau layanan yang sudah dijalankan. Seperti menjaga kebersihan, tidak membuang sampah ke sungai, selalu menjaga protokol kesehatan selama pandemi COVID 19

  1. Adding value

Iklan yang berfungsi untuk memberi nilai tambah pada program tertentu melalui persepsi yang dibentuk di masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat

Video iklan layanan masyarakat bisa berupa banyak jenis, seperti film pendek, animasi, whiteboard animation, instagram story, dan beberapa jenis video lainnya. Kenapa iklan layanan masyarakat lebih sering berupa video? Berdasarkan hasil penelitian, 95% viewers memperoleh informasi melalui video. Selain itu, 92% orang-orang yang mengkonsumsi video melalui gawainya akan membagikan video itu kepada orang lain.

Berikut ini adalah contoh animasi explainer untuk iklan layanan masyarakat


Selain itu, kami juga ada whiteboard animation untuk iklan layanan masyarakat.

Jika lembagamu membutuhkan referensi jasa pembuatan iklan layanan masyarakat, ilustrasi.id siap membatumu.

Sakti

Tim ilustrasi.id