Tentang Whiteboard Animation

Apa itu whiteboard animation?

Whiteboard animation atau video papan tulis adalah video animasi menggambar di papan tulis yang dilengkapi dengan suara latar untuk menambah kesan dijelaskan secara langsung. Video jenis ini juga memberikan kesan orang pertama, sehingga seolah-olah audiens turut andil dalam proses kreatif dalam video tersebut.

Video animasi jenis ini menjadi media yang kian popular untuk mengkomunikasikan informasi kompleks menjadi lebih mudah dimengerti, karena menggunakan ilustrasi yang sederhana serta ada sinkronisasi pada semua komponennya. Video animasi ini dikombinasikan dengan gerakan, audio, dan visualisasi untuk mendapatkan perhatian mata audiens.

Whiteboard animation mulanya dibuat dengan memfilmkan seseorang yang sedang menjelaskan dengan menggambar di papan tulis atau kertas. Ternyata, hal itu membutuhkan waktu dan keterampilan menggambar yang kuat. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul beberapa aplikasi dan platform untuk memudahkan pembuatan video sejenis ini.

Kelebihan Whiteboard Animation

Whiteboard animation termasuk dalam jenis animasi yang baru saja popular, dan masih jarang digunakan. Orang-orang akan cenderung excited dengan sesuatu yang baru bukan? Kemudian, apa saja sih kelebihan whiteboard animation dibanding dengan jenis animasi lainnya? berikut penjelasannya.

  1. Memudahkan pemanggilan memori ingatan. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian Richard Wisemen yang menyatakan bahwa 15% audiens mudah mengingat informasi dari papan tulis (analogi mengajar di kelas) dari pada suara penjelasan saja.

  2. Bisa digunakan untuk menjelaskan topik apapun, seperti video pembelajaran, iklan layanan masyarakat, iklan brand, dan mendongeng.

  3. Mudah dibuat karena tidak memerlukan pengalaman dan perangkat yang mahal untuk membuat whiteboard animation.

  4. Mudah menarik perhatian mata audiens. Whiteboard animation dilengkapi dengan suara latar, backsound, ilustrasi untuk visualisasi, dan pointer berupa tangan manusia.

  5. Terkesan menghibur dan tidak menegangkan.

Whiteboard Animation Cocok Dipakai untuk Siapa Saja?

  1. Marketer

“Orang-orang tidak membenci iklan, mereka hanya tidak menyukai iklan yang buruk.”

Marketer bisa menggunakan whiteboard animation sebagai alternatif iklan. Dengan whiteboard animation, marketer bisa menghemat waktu dan tenaga untuk produksi iklan.

  1. Peserta Didik dan Guru

Konsep media pembelajaran whiteboard animation sangat mirip dengan video pendidik ketika menjelaskan di kelas, jadi konsep ini akan lebih mudah diterima oleh peserta didik karena mereka sudah familiar. Selain video yang mudah diakses kapan dan di mana saja, video animasi jenis ini lebih terkesan menghibur dari pada belajar, sehingga proses pembelajaran akan lebih menyenangkan.

  1. Human Resouce Development

Penggunaan whiteboard animation akan lebih sulit diabaikan atau di-skip dibanding teks paragraf dalam website. Selain itu, penggunaan video jenis ini juga sangat efisien, karena menonton video 1 menit setara dengan membaca 1,8 juta kata.

Baca juga: Begini Pertimbangan Penggunaan Video Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

  1. Konten Kreator

Ada beberapa jenis konten yang dihasilkan kreator, misal konten edukasi, hiburan, daily report, inspirasi, dan humor. Whiteboard animation bisa menjadi salah satu opsi dari pilihan jenis konten tersebut dengan kelebihan yang sudah dipaparkan di atas.

Baca juga: 8 Konten Media Sosial Anti Skip

Whiteboard Animation Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Perkenalan topik dan ide

Whiteboard animation adalah media yang efektif untuk menjelaskan ide dan topik yang rumit menjadi lebih sederhana. Kamu bisa memaksimalkan ilustrasi atau infografik untuk mempermudah audiens memahami informasi yang kamu sampaikan.

Meringkas informasi

Video pada dasarnya menyingkat waktu pemahaman audiens. Poin penting dari whiteboard animation adalah visualisasinya yang sederhana dan mudah dipahami sehingga membuat pesan atau informasi lebih stabil untuk disampaikan.

Persuasi

Whiteboard animation cenderung memiliki desain yang sederhana, sehingga pesan atau maksudmu akan benar-benar mendapatkan spotlight di mata audiens. Tentu harus diimbangi dengan naskah dan kualitas komponen yang bagus. Berikut adalah contoh whiteboard animation untuk persuasi dalam iklan layanan masyarakat.

Dimana saja whiteboard animation dapat digunakan? Semua bergantung pada tujuanmu, video animasi ini bisa digunakan untuk website, email, media sosial, presentasi, dan video pelatihan.

Baca juga: Custom Whiteboard Animation Bisa Dipakai untuk Apa Saja Sih?

Cara Membuat Whiteboard Animation

  1. Tentukan tema dan topik

Tuangkan idemu dalam naskah video yang kemudian akan menjadi pemandu proses produksi whiteboard animation. Saat menulis naskah video, mulailah dengan penentuan durasi video, karena akan mempengaruhi banyak kata dalam videomu. Jangan pernah mengabaikan ide sederhana, bisa jadi idemu itu sangat cemerlang.

Baca juga: 4 Tips Menulis Skript Video yang Efektif

  1. Rencanakan ilustrasi

Sebenarnya, kamu bisa membuat storyboard terlebih dahulu untuk memastikan setiap adegan sesuai dengan naskah yang telah kamu buat. Namun jika tidak, kamu bisa langsung membuat ilustrasi sederhana melalui aplikasi desain yang kemudian kamu import pada aplikasi whiteboard animation.

Kini, sering dengan perkembangan kebutuhan dan orientasi, kamu bisa memasukkan beberapa jenis karya visual, seperti diagram, karikatur, infografik, dan semacamnya.

  1. Rekam suara latar atau voice over dan tentukan backsound yang tepat bila perlu.

  2. Masukan komponen video tersebut ke dalam aplikasi whiteboard animation, dan edit sesuai kebutuhan

  3. Preview video sebelum kemu meng-export atau mempublikasikan video

Jasa Custom Whiteboard Animation

Visualisasi whitboard animation bisa diisi dengan gambar atau ilustrasi. Namun ilustrasi.id menyarankan penggunaan ilustrasi dengan format .svg untuk memberikan kesan real dibandingkan gambar dengan format .jpg, ,jpeg, atau .png. kamu bisa membuat visualisasi itu sendiri atau mengunduhnya di internet sesuai dengan kebutuhanmu.

Namun, jika kamu membutuhkan custom whiteboard animation dengan kualitas bagus, kamu bisa menghubungi ilustrasi.id. Jangan khawatir, harga jasa custom whiteboard animation sangat terjangkau. Kamu bisa menghubungi tim ilustrasi.id dengan klik di sini ya.

Semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id