5 Kelebihan Whiteboard Animation untuk Storytelling

[ilustrasi] whiteboard animation (ilustrasi.id)

Whiteboard animation adalah

Whiteboard animation secara sederhana merupakan video menggambar pada whiteboard atau papan putih yang dilengkapi dengan narasi atau audio. Mengapa whiteboard animation sangat efektif untuk storytelling? Pada intinya whiteboard animation memiliki fungsi untuk memperkuat karakter dan membuat sebuah cerita menjadi lebih berkesan. Mari kita simak 5 kelebihan whiteboard animation untuk storytelling

#1 Sinkronisasi

Cara pertama whiteboard animation mengoptimalkan storytelling melalui prinsip sinkronisasi. Gambar atau citra yang telah dibuat akan disinkronkan dengan audio atau narasi yang telah kamu buat, sehingga ada keterkaitan secara langsung antara apa yang dilihat dan didengar oleh audiens.

Hubungan citra dengan narasi itu sangat penting untuk engagement dan retensi otak. Otak akan memberikan perlakuan istimewa terhadap informasi visual. Gambarmu harus disinkronkan dengan narasi untuk memaksimalkan engagement atau interaksi antara whiteboard animationmu dengan respons audiens.

Sinkronisasi yang buruk antara narasi dapat mengalihkan perhatian audiens hingga kehilangan pesan yang seharusnya mereka pahami. Seperti gambar yang berjalan lebih lambat dari pada narasinya.

#2 Melibatkan elemen manusia

Kelebihan kedua dari whiteboard animation adalah keterlibatan tangan manusia yang menggambar dalam bingkai video. Tangan tersebut bisa memusatkan perhatian audiens karena melibatkan gerakan yang berkelanjutan. Pikiran audiens secara tidak sadar akan mencari dan mengikuti bentuk arahan tangan tersebut.

Gambar atau animasi tradisional tidak bisa mendorong engagement dengan cara ini. Tanpa titik fokus yang diarahkan oleh tangan yang menggambar pada frame video whiteboard animation, mata bisa tidak terarah atau terlalu terstimulasi. Hal ini boleh-boleh saja untuk video aplikasi, namun untuk komunikasi yang kuat, desain whiteboard animation akan mempromosikan engagement yang lebih tinggi dengan cerita atau pesanmu.

#3 Sederhana

Engagement membuka jalan untuk retensi atau penyimpanan memori. Dan topik retensi akan menjadi titik awal yang bagus untuk membahas kelebihan ketiga dari whiteboard animation: penggunaan desain yang sederhana. Desain sederhana akan memberikan pemahaman storytellingmu dengan lebih jelas dan efektif.

Dengan menghindari ornamen dan desain yang terlalu rumit, visual sedehana akan menciptakan interaksi tanpa distraksi. Jika gambarmu terlalu rumit, audiens akan mencurahkan perhatiannya di sana, hingga mengabaikan narasi yang telah kamu buat.

Kelebihan ini juga berlaku untuk topik video apapun. Jika topikmu sangat kering atau mengandung banyak teknis, desain sederhana bisa menjadi penangkal potensi pelepasan attensi audiens. Dengan skrip dan gambar yang tepat, kamu bisa mendapatkan dan mempertahankan perhatian audiens, serta meningkatkan retensi pesanmu sampai videomu berakhir.

#4 Narasi yang menyatukan

Kelebihan keempat dari whiteboard animation adalah dari suara narasi. Saat kamu memilih pengisi suara, kamu sedang memilih metode penyampaian storytellingmu. Apakah topikmu memerlukan suara yang serius dan terukur, atau lebih cocok untuk penyampaian ceria dan ringan? Narasi juga bisa mempengaruhi kondisi emosi audiens juga lo. Dengan kondisi seperti ini, audiens bisa memahami lebih mendalam materi storytellingmu.

#5 Visual storytelling yang menarik

Ketika internet dipenuhi banyak video, dan terlalu banyak kejenuhan di dalamnya, kemudian kamu ingin video yang berbeda? Buatlah video whiteboard animation. Whiteboard animation kini semakin popular, namun tidak begitu sering digunakan. Maka hal itu akan menjadi pengalaman yang baru untuk audiensmu, karena mereka jarang menemui cara tersebut.

Butuh jasa whiteboard animation?

Kamu bisa menghubungi tim ilustrasi.id yaaa. Kenapa harus ilustrasi.id? karena kami didukung oleh sumber daya kreatif yang sangat berkompeten. Kualitas karya dan kepuasanmu adalah misi kami.

Semoga bermanfaat


Sakti

Tim ilustrasi.id