Mengapa Whiteboard Animation Termasuk dalam The Next Video yang Menarik?

Whiteboard animation merupakan sebuah video animasi menggambar ilustrasi, grafik, dan teks pada whiteboard yang disertai dengan audio penjelas. Whiteboard animation termasuk jenis video explainer yang dapat digunakan untuk bercerita, demonstrasi produk, video pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Apakah kamu sedang mencari cara untuk menyampaikan materi yang lebih menarik? Ada beberapa alasan mengapa whiteboard animation cocok digunakan untuk penyampaian materi.

  1. Sederhana

Whiteboard animation memiliki ruang putih yang membuat audiens fokus pada materi. Carla Clark – seorang neurosains – menyampaikan bahwa mereka lebih memperhatikan whiteboard animation yang simpel. Menonton video yang terurai membuatnya lebih mudah untuk mengikuti alur ide dan memahami step by step untuk mencapai tujuan tertentu.

Keberadaan whiteboard animation memungkinkan audiens mendengarkan konten penting tanpa membanjirinya dengan informasi yang tidak penting. Jika produk atau layananmu sedikit rumit untuk dipahami, kamu bisa menggunakan whiteboard animation untuk membuat penjelasan yang sederhana, namun sangat jelas.

  1. Memiliki banyak kegunaan

Baik berbisnis ataupun menjadi blogger, whiteboard animation dapat menolongmu untuk menyampaikan banyak materi, baik itu berupa emosi, informasi ataupun himbauan.

  1. Membuat pemahaman lebih terstruktur

Meskipun whiteboard nampak aneh saat pertama kali audiens mengenalnya, namun jangan biarkan kesan pertama itu membodohi mereka. Whiteboard animation memiliki power untuk memengaruhi tingkat informasi dan retensi memori audiens. Sehingga, audiens mulai mengasosiasikan ilustrasi dan gambar tertentu dengan ide ataupun imajinasi yang ada dalam benak mereka.

Ada peningkatan sebanyak 22% untuk pemanggilan ulang memori melalui whiteboard animation. Serta, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 95% dari populasi manusia di bumi belajar menggunakan media audio visual. Dengan kata lain, audiens tampaknya lebih mudah untuk mengingat informasi dalam bentuk whiteboard animation daripada media presentasi lainnya.

  1. Menghubungkan informasi menjadi sesuatu yang komunal

Whiteboard animation memiliki ciri yang khas – audiens biasanya melihat sebuah tangan yang menuntun mereka untuk berinteraksi dan menggiring ke gagasan utama. Hal ini membuat audiens pada posisi fisik animator, sehingga audiens bisa merasa menjadi bagian dari proses tersebut.

Saat informasi mulai dijelaskan, tangan tersebut akan menggambar hingga informasi itu selesai dijelaskan. Bayangkan bagaimana perasaanmu ketika terhubung dengan karakter atau menjadi bagian dari cerita itu.

Penggunaan empati kognitif ini dapat menjadi cara untuk memastikan audiensmu terlibat secara emosi pada informasi yang kamu sampaikan.

Itulah sederet alasan mengapa whiteboard animation termasuk ke dalam the next video yang menarik.

Sakti

Tim ilustrasi.id