Begini Pertimbangan Penggunaan Video Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Efisiensi karyawan adalah strategi vital untuk mencapai tujuan lembagamu. Pernyataan itu setara dengan karyawanmu harus terus beradaptasi dengan segala perkembangan secepat mungkin. Seperti adaptasi penggunaan komputer untuk menggantikan buku besar, hard selling menjadi soft selling, direct marketing menjadi digital marketing, dan lain sebagainya.

Sementara itu, kamu sebagai pimpinan dan atau sebagai HRD harus terus mengontrol kualitas karyawan serta calon karyawanmu. Kamu harus mengurus hal-hal ini agar produktivitas lembagamu tidak turun – salah satunya – dengan cara memberikan pelatihan.

Mengirim karyawan untuk mengikuti pelatihan? Training satu bulan di lembaga tertentu? Meskipun banyak cara untuk melatih karyawanmu, kamu tidak akan berhasil begitu saja tanpa menyertakan video pelatihan dan pengembangan karyawan. Apakah kamu sudah tahu alasannya?

Baca juga: Video Pembelajaran: Fakta, Data, dan Trend Terbaru

Singkatnya, video pelatihan membantumu membuatnya lebih sederhana dan lancar karena beberapa alasan. Begini penjelasan singkatnya:

Visual yang hampir tak terlupakan

Kamu mungkin lebih cepat melupakan kata dari apa yang telah kamu baca, tapi kamu akan mengingat apa yang pernah kamu lihat – produk visual. Video sebagai produk visual akan diproses 60 ribu kali lebih cepat dibanding dengan teks, sehingga informasi akan lebih cepat dihapal dan diingat kembali kemudian hari.

Video menjadi media pelatihan karyawan SAVO grub. Karyawannya mampu mengingat materi 9% lebih cepat dengan video yang dibandingkan dengan teks. Jika diberi kesempatan untuk menonton ulang sebelum final test, materi akan diingat 83% lebih cepat dibanding dengan membaca ulang.

Baca Juga: 10 Tipe Konten yang Digemari Orang Indonesia

Bisa diakses di mana dan kapan saja

Jam produktif karyawan habis digunakan selama di kantor, dimulai pukul 8 dan berakhir pukul 6 – jika tidak ada lembur. Dan sepulang kerja, mereka pasti akan lebih memilih untuk beristirahat atau bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, jika kamu memiliki akses video pelatihan, mereka bisa memanfaatkan waktu senggang di sela-sela waktu produktif mereka. Seperti saat perjalanan ke kantor, break makan siang, menunggu meeting atau klien, dan bahkan saat membuang kelebihan seratmu.

Kini mulai banyak jasa platform menyediakan pelatihan menggunakan video, seperti RuangGuru, Skill Academy, DQlab, dan masih banyak lagi. Tujuannya penggunaan video adalah kemudahan akses di mana saja dan kapan saja.

Konsisten

Sebagai pimpinan atau pun HRD, kamu memiliki visi tentang bagaimana perusahaan dijalankan dan diketahui oleh setiap karyawanmu. Namun kamu tidak dapat menjelaskan satu per satu kepada mereka, bukan? Jadi kamu akan memberikan tugas kepada manager atau kepala bagian. Tapi, bisakah kamu menjamin bahwa pesan itu akan sampai ke semua karyawanmu seperti yang kamu inginkan?

Hal itu bergantung pada kemampuan orang yang telah kamu percaya. Tetapi dengan sebuah video, pesanmu akan diterima dengan sama dan merata.

Harga

Produksi video membutuhkan banyak budged? Video pelatihan berbeda dengan video iklan yang membutuhkan bintang atau aktor. Video pelatihan dilakukan dengan berbagai cara, seperti penggunaan whiteboard animation ataupun video explainer. Dengan jenis video tersebut kamu bisa menambahkan data visual supaya lebih mudah dipahami dan diingat kembali oleh karyawanmu.

Semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id