Video Kreatif: Cara Menarik Perhatian Audiens di 8 Detik Pertama

[ilustrasi] 8 detik pertama (ilustrasi.id)

Internet kini dibanjiri oleh banyak sekali informasi. Pada tahun 2012 audiens akan menentukan apakah terus menonton videomu sampai akhir atau tidak di 12 detik pertama. Namun seiring perkembangan teknologi, rentang ketertarikan audiens menurun di 8 detik pertama. Videomu harus benar-benar stand out untuk mempertahankan perhatian audiens.

Berikut ini adalah sederet cara untuk menarik perhatian audiens di 8 detik pertama pada video kreatifmu

#1 Problem – berikan alasan kepada audiens untuk menonton videmu hingga akhir

Kamu bisa memulai videomu dengan penimbulan masalah. Penimbulan masalah menunjukan empatimu terhadap permasalah audiens, dengan begitu hubungan emosional dengan audiens akan terjalin. Audiens akan cenderung menonton video yang relate dengan mereka. Relate bisa berawal dari masalah atau kecocokan dengan keadaan audiens. Di sini, kamu bisa memaksimalkan kedekatan emosimu dengan audiens.

#2 Less is more – semakin pendek semakin baik

Jangan memaksakan semua informasi harus dikemas dalam satu video. Berikan informasi yang cukup kepada audiens untuk membuat mereka tertarik dengan informasimu. Pertimbangkan antara durasi dengan banyaknya kata dalam videomu. Standarnya, 60 detik untuk 140-150 kata. Jadi jika dikalkulasi 8 detik setara dengan 18-20 kata.

#3 Permulaan yang menarik adalah akhir yang tuntas

Kamu juga bisa memulainya dengan fakta dan angka yang membuat mereka terpesona. Sepotong informasi menarik di awal videomu akan meningkatkan rasa penasaran audiens tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Bangunlah misteri itu dan yakinkan audiens bahwa videomu akan mengungkapkan fakta dan solusi yang mempengaruhi hidupnya.

Tidak salah jika 8 detik pertamamu memuat kilasan seluruh videomu.

#4 Karakter utama

Gunakan karakter utama. Audiens ingin melihat cerita video yang dapat mereka korelasikan. Karakter disini sebagai video leader yang akan membawa dan mengarahkan audiens pada informasi yang mereka butuhkan. Hal ini juga akan memicu kedekatan emosi dengan audiens, sehingga peluang videomu untuk diingat akan lebih besar lagi.

Terlepas dari 8 detik awal, akan lebih bagus lagi jika videomu diselingi humor. Fyi video humor bisa memperkecil peluang videomu diskip oleh audiens.

#5 Dinamis

Buatlah adegan yang dinamis. Tampilkan lebih banyak aktivitas di layar pada 8 detik pertama. Kalau kamu hanya memiliki satu karakter saja, maka bermainlah dengan latar belakang yang berbeda-beda, tambahkan grafik, tipografi kinetik, dan lainnya. Hal ini bisa menghibur audiens, dan membuat mereka terus memperhatikan videomu.

Semoga bermanfaat

Sakti

Tim ilustrasi.id