Data Statistik Video Explainer yang Harus Kamu Ketahui

Sebenarnya, efektivitas video explainer tergantung pada kualitas video. Jika kamu bisa menjelaskan konsep rumit menjadi sederhana, berati videomu berpeluang besar efektif. Banyak perusahaan besar mengatakan bahwa video explainer mampu meningkatkan penjualan. Seperti drobbox yang mendapatkan 100 juta pengguna dalam beberapa bulan.

Berikut adalah data statistik singkat tentang video explainer yang bisa kamu gunakan untuk menyusun strategi pemasaran. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari peluang dan mempertimbangkan penggunaanya.

# Video mempengaruhi pencapaian sasaran pemasaran

Sebanyak 99% marketer yang menggunakan video pada tahun 2020 akan menggunakannya lagi pada tahun 2021, karena hingga saat ini video masih menjadi konten media #1 yang paling sering digunakan. Alasan penggunaan strategi ini karena video dapat digunakan dimanapun.

# Statistik video explainer

  • Email dengan video memiliki rasio klik 300% yang lebih tinggi

  • Email interaktif bisa meningkatkan rasio klik untuk dibuka sebesar 73%

  • Email video memiliki rasio klik untuk ditonton 96% lebih tinggi

Jadi penggunaan video explainer pada emailmu merupakan ide yang bagus juga untuk menambah rasio kliknya. Kamu bisa menggunakan video explainer saat berbicara dengan pengguna baru yang belum mengunduh aplikasi, atau kamu bisa membuat video explainer yang bagus untuk menjawab pertanyaan audiens di dalamnya. Fyi penggunaan video explainer juga bisa mengurangi peradangan staffmu sebesar 36%.

# Statistik prospek

  • 93% marketer mendapatkan prospek yang berkualitas dengan bantuan video di media sosial (getrespons.com)

  • 66% marketer mendapatkan prospek yang berkualitas setiap tahun dengan bantuan video explainer

  • Landing page dengan video explainer memiliki konversi 86% lebih tinggi

  • Website dengan video memiliki rata-rata konversi 4,8% dibanding dengan website tanpa video sebesar 2,9%

# Video explainer memiliki dampak positif pada SEO

  • Konten video 50 kali lebih efektif untuk mendorong hasil penelusuran dibanding teks biasa. (tubularinsights.com)

  • Video memungkinkan untuk mendapatkan organic traffic sebesar 157% atau lebih

# Video explainer mempercepat pengambilan keputusan audiens

  • 80% audiens mulai memutuskan pembelian setelah menonton video. Dan benar saja, video explainer dapat digunakan untuk beberapa cara. Misalnya, video explainer demo yang menjelaskan esensi ide dan manfaat produk bagi audiens, video explainer tutorial yang menunjukan cara penggunaan produk atau layananmu, dan video explainer yang menjawab atas pertanyaan tertentu. Semakin baik jawaban yang kamu sediakan, semakin besar kemungkinan pembelian.

  • 8 dari 10 audiens menganggap video berguna dan sangat membantu untuk pemahaman fitur produk dan layananmu.

  • 97% marketer yakin bahwa video explainer membantu audiens memahami produk dan layananmu dengan lebih baik

  • 64% audiens memutuskan untuk berbelanja online setelah menonton video di media sosial

  • 43% audiens membeli sesuatu yang mereka lihat di iklan YouTube, meskipun faktanya 81% pengguna menonaktifkan iklan.

  • Video iklan dengan durasi 15-30 detik berkemungkinan 84% ditonton hingga akhir.

  • 50% pengguna media sosial lebih suka menonton video untuk mengetahui cara melakukan sesuatu.

  • 85% audiens mengatakan bahwa mereka lebih cenderung membeli sesuatu setelah menonton video explainer.

  • Jika ada yang salah dengan produk atau layanan, 68% audiens cenderung menonton video tentang cara memperbaikinya daripada menghubungi customer support. Fyi 20% audiens lebih membaca, sedangkan sisanya (80%) lebih suka menonton video jika tersedia.

# Statiskik konsumsi mobile video

Menggunakan video sebagai salah satu strategimu memang sangat penting, namun kamu juga perlu mempertimbangkan perilaku audiens. Berikut adalah beberapa fakta video yang berkaitan dengan perilaku audiens.

  • Diperkirakan pada tahun 2022, 205 juta audiens akan menonton video melalui gawai. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019 ada 187,7 juta audiens yang melakukannya.

  • Pada tahun 2020, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh orang dewasa untuk mengkonsumsi video mencapai 30 menit pada tahun 2020.

  • Biaya iklan mobile video di AS akan meningkat, dari sekitar $16 miliar pada tahun 2019 hingga $25 miliar pada tahun 2022

Mengapa video explainer sangat efektif untuk keperluan bisnis?

Alasan primer mengapa video explainer sangat efektif untuk keperluan bisnis adalah karena 90% stimulasi berasal dari audio dan video. Menurut Adrew Angus, dual-coding adalah prinsip di balik kesuksesan video explainer. Isyarat audio akan memberi audiens kemampuan untuk menyimpan informasi 10% dari apa yang mereka dengar, namun ketika menggabungkan video dan audio, audiens akan menyimpan 68% dari total informasi. Coba ingat, seberapa jelas kamu mengingat kembali adegan film favoritmu.

Video explainer tidak hanya mengaktifkan otak ke tingkat yang lebih tinggi, tetapi juga menghubungkannya dengan tingkat emosional. Ini adalah faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan saat membuat video explainer.

Video explainer juga bisa digunakan pada berbagai tahapan corong penjualan dan pada media sosial apapun. Video ini bisa menarik, mengubah, dan memberikan pertanyaan atas jawaban audiens, serta meningkatkan kesadaran brand tanpa partisipasi langsungmu.

Sakti

Tim ilustrasi.id