Kenali Aspek Rasio Video yang Ideal untuk Berbagai Sosial Mediamu

[The golden proportion] is a scale of proportions which makes the bad difficult [to produce] and the good easy – Albert Einstein

Aspek rasio adalah perbandingan lebar dan tinggi pada gambar dan video, baik untuk youtube, tiktok, instagram, twitter, snapchat, film, ataupun sosial media lainnya. Aspek tersebut biasanya dilambangkan dengan dua angka yang dipisahkan oleh colon, seperti 1:1 dan 16:9, namun terkadang juga dipisahkan oleh “x” seperti 3x4.

Sebelum ada platform video online – tiktok, instagram, snapchat, twitter dsb – dahulu aspek rasio ditentukan oleh dua faktor: jenis film yang digunakan dan ukuran layar teater. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini videografer memiliki banyak kebebasan berkreasi dengan berbagai jenis video, seperti video dokumenter, video pembelajaran, video berita, video animasi, dan video jenis lainnya tentu dengan rasio yang berbeda-beda pula. Berikut adalah rasio standar yang sering digunakan:

  • 3:4 atau format akademi. Rasio ini kerap digunakan pada film sebelum 1950-an. Biasanya video ditayangkan pada televisi cathode ray tube (CRT) dan layar komputer zaman.

  • 16:9 atau format layar lebar (widescreen). Ini adalah rasio untuk high-definition television (HDTV) yang dulu sering diputar pada televisi dan monitor LCD. Film yang diputar di bioskop rata-rata juga menggunakan rasio ini. Kini rasio tersebut juga sering digunakan untuk pemutaran video desktop, facebook, youtube, dan twitter.

  • 21:9 atau format anamorphic. Rasio ini sering digunakan dalam film layar lebar. Video rasio ini biasanya diambil menggunakan lensa anomorphic.

Baca juga: Trend Video Vertikal Tahun 2021

Kamu bisa menggunakan kalkulator online untuk menyesuaikan lebar dan tinggi video agar sesuai dengan rasio platform video online yang akan kamu gunakan. Coba gunakan keyword “kalkulator aspek rasio video” pada pencarian google, maka kamu akan menemukan banyak rekomendasi.

Memilih aspek rasio video yang ideal sesuai untuk media sosial

Saat ini, video lebih banyak dikonsumsi melalui gawai atau disebut juga dengan video seluler. Platform media sosial sudah banyak yang berinvestasi dalam video, sehingga popularitas video seluler semakin meningkat. Ada tiga aspek rasio video yang sering digunakan

  • 9:16 untuk video vertikal

  • 1:1 untuk video persegi

  • 4:5 untuk video potret

Berikut adalah daftar aspek rasio sesuai dengan platform media online yang sering digunakan:

  1. Facebook

  • Feed video atau video umpan: 16:9, 1:1, 2:3, 9:16

Rekomendasi 1:1 dan 4:5

  • Story facebook atau cerita facebook: 9:16

  • Facebook live atau siaran facebook: 16:9

Meskipun rasio 16:9 mendominasi facebook di masa lalu, video persegi bisa membantumu menjangkau audiens seluler lebih banyak.

  1. Instagram

  • Feed instagram: 16:9, 1:1, 4:5

Rekomendasi: 1:1 atau 4:5

  • IGTV: 9:16

  • Reels: 9:16

  • Instagram stories: 16:9, 1:1, 4:5, 9:16

Rekomendasi: 9:16

  • Live instagram: 9:16

  1. Twitter

Twitt: 16:9 dan 1:1

Rekomendasi: 16:9

  1. Youtube

  • Video panjang: 16:9

  • Video pendek: 9:16 (fitur baru seperti instagram story dan reels)

Aspek rasio yang ideal tentu bergantung pada tujuanmu. Jika kamu membuat video untuk perangkat desktop atau televisi, maka gunakanlah rasio widescreen (16:9). Jika kamu membuat konten video untuk feed, maka gunakanlah rasio 1:1. Namun jika kamu ingin membuat konten video pendek atau story, maka gunakan rasio 9:16.

Apa yang terjadi jika aspek rasio video tidak sesuai dengan standar platform video online?

Jika rasio videomu tidak sesuai dengan standar platform video online yang akan kamu gunakan, maka mereka akan memutar video tersebut secara otomatis ke ukuran ideal mereka. Biasanya penyedia plaform sudah men-setting agar video yang diputar sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh audiens. Itulah mengapa, kamu harus betul-betul memperhatikan rasio ideal video pada setiap jenis sosial media maupun platform video online lainnya. Itu kemungkinan pertamanya.

Sedangkan untuk kemungkinan kedua, platform video online tersebut bisa saja menyesuaikan rasio secara sepihak. Konsekuensinya, ada frame videomu yang terpotong, bahkan kualitas videomu diturunkan.

Fyi, biasanya setiap platform video online tidak menyarankan penambahan padding atau kota hitam secara langsung ke dalam videomu. Padding bisa mengganggu platform untuk menyesuaikan pemutaran secara dinamis sesuai dengan standar mereka.

Sekian, semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id