Mengenal Resolusi Video

Resolusi video adalah ukuran file dengan satuan pixel. Pixel merupakan kerapatan titik-titik yang membentuk frame suatu file, baik itu gambar maupun video. Semakin tinggi nilai pixenya, maka akan semakin detil hasilnya. Dengan begitu kualitas akhir videomu bisa maksimal. Memahami resolusi adalah kunci penting yang membantumu memilih pengaturan perekaman dan export video untuk mendapatkan output yang bagus.

Resolusi video berkaitan erat dengan perangkat yang digunakan untuk menampilkan video. Misalnya, untuk menampilkan video pada gawai atau perangkat seluler genggam saja, kamu bisa menggunakan resolusi standar. Namun, tidak cukup untuk penampilan pada dekstop. Kamu perlu meningkatkan resolusinya.

Jenis-Jenis Resolusi Video

Berikut adalah jenis-jenis resolusi video

  1. Standard Definition (SD) 480p

Resolusi SD memiliki ukuran dimensi 640 x 480 pixel atau ukuran terkecil ketiga setelah resolusi 240 dan 360. Resolusi ini cocok digunakan untuk menampilkan video di layar gawai dengan ukuran 4-5,5 inci yang memprioritaskan kecepatan loading and play, seperti untuk output Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Namun, apabila diputar di layar desktop kualitasnya akan menurun, karena ukuran layar yang terlalu lebar dan tidak diimbangi dengan resolusi video yang tinggi.

  1. High Definition (HD) 720p

Resolusi HD adalah resolusi yang paling ramah karena bisa ditampilkan pada semua device, baik itu gawai, tablet, desktop maupun televisi. Meskipun sejak tahun 2020, YouTube sudah melepaskan atribut HD pada resolusi 720p, tapi resolusi ini masih diminati oleh audiens. Resolusi ini memiliki dimensi 1280 x 720 pixel yang sudah menjadi resolusi standar pada banyak perangkat. Ukuran filenya pun tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sekitar 500 MB untuk durasi 60 menit.

YouTube telah menghapus atribut HD pada resolusi 720p [Screnshoot: https://www.youtube.com/watch?v=1La4QzGeaaQ&t=36s]

3. Full High Definition (FHD) 1080p

FHD memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel. Apabila diputar pada layar dengan ukuran 50 inci dengan pengaturan full screen tidak akan pecah. Resolusi ini adalah bentuk penyempurnaan dari resolusi HD. Untuk itu, pada tahun 2018-2020 akhir, resolusi ini menjadi ukuran yang banyak beredar di pasaran, karena bisa diputar pada hampir semua perangkat seperti gawai, desktop, dan tablet. Fyi, resolusi ini adalah resolusi yang pas juga untuk sebuah game yang menampilkan grafis yang detail dan tajam.

4. Quad High Definition (QHD)/2K 1440p

QHD atau 2K memiliki dimensi 1440 x 2560 pixel. Kualitas resolusi 1080p saja sudah jernih dan tajam, lalu bagaimana dengan resolusi 1440p? Wah, resolusi ini empat kali lebih unggul dari kualitas video HD, tentu akan memiliki warna yang lebih tajam pula. Resolusi ini biasanya digunakan pada gawai flagship seperti iPhone 12 Pro Max yang biasanya diincar oleh pecinta fotografi, game, dan para penggemar gawai tercanggih.

5. Ultra High Definition (UHD)/4K 2160p

Resolusi ini memiliki lebar setidaknya 4000 pixel, meskipun secara teknis 4K berada di bawah itu – 3840 x 2160 pixel. Video dengan resolusi 4K memiliki banyak dimensi sehingga memiliki ukuran yang lebih besar. Jadi pixel dalam video 4k bervariasi, sedangkan HD selalu sama. Kamu bisa melihat tampilan video secara lebih realistis (sama dengan aslinya) dan seolah-olah kamu sedang berada di lokasi pengambilan video.

Tidak diragukan lagi bila kamu memiliki video dengan resolusi ini, kamu akan sangat dimanjakan dengan kualitas audio dan visual yang luar biasa. Akan lebih sempurna lagi bila kamu menikmatiknya pada layar berukuran 50 inci dan didukung dengan pengeras suara atau sound yang bagus. Kamu akan berada dalam sebuah pertunjukan langsung.

6. Full Untra High Definition (FUHD)/8K 4320p

Resolusi yang paling mutakhir saat ini adalah FUHD dengan dimensi 4320 x 7680pixel. Video dengan resolusi ini bisa kamu temukan pada file film jenis baru yang baru saja diproduksi. Karena tergolong jenis resolusi baru, maka tidak semua perangkat telah men-support video dengan resolusi ini.

Berikut adalah tabel resolusi video untuk referensi cepat

Contoh video resolusi 8k

Berikut adalah contoh video dengan resolusi 8K yang bisa kamu ubah ke berbagai resolusi untuk dibandingkan

Setiap platform memiliki standar resolusi yang berbeda-beda. Jika videomu memiliki rasio yang berbeda dengan standar platfom, biasanya pemutaran video akan diubah secara otomatis sesuai standarnya. Selain itu, beberapa platform, seperti YouTube memberikan padding atau kotak hitam tambahan untuk menghasilkan penayangan yang optimal. Untuk itu, agar diperoleh hasil penayangan terbaik, hindari penambahan padding secara langsung ke videomu. Karena padding tambahan akan mengganggu kemampuan YouTube untuk menyesuaikan pemutaran secara dinamis pada videomu dengan perangkat yang digunakan audiens.

Semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id