Konsep dan Tantangan Video Pembelajaran Online

Sebagian besar pendidik menggunakan video sebagai media pembelajaran, kalaupun tidak selalu, setidaknya sesekali. Namun kini selama pandemi, video pembelajaran kerap kali digunakan untuk pembelajaran daring, karena dinilai paling efektif untuk menyamakan persepsi antara peserta didik dengan materi yang disampaikan oleh pendidik.

Tidak berhenti di situ, ternyata pendidik masih mengalami banyak tantangan dalam mempersiapkan video pembelajaran daring. Seperti sulit menemukan dan membuat video pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Ternyata memaksimalkan video pembelajaran daring dengan efektif bukanlah tugas yang mudah.

Ada tiga konsep penting mengenai penggunaan video pembelajaran daring oleh pendidik:

  1. Video tidak menggantikan seluruh proses pembelajaran, tetapi dapat digunakan untuk menstimulasi materi yang diajarkan. Berdasarkan survey Viewsonic, durasi video yang disukai peserta didik umumnya 2-10 menit.

  2. Tidak ada salahnya menggunakan video sebagai bentuk apresiasi atau hiburan bagi peserta didik. 84% pendidik mengatakan bahwa mereka hanya menggunakan video pembelajaran terkait dengan kurikulum yang diajarkan.

  3. 90% pendidik menggunakan video untuk meningkatkan engagement dengan peserta didik, dengan pengajuan pertanyaan pasca video diputar.

Untuk mencapai tiga konsep penggunaan video pembelajaran daring ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Pendidik mengalami beberapa masalah dalam penyediaan video pembelajaranan online. Berikut tiga masalah video pembelajaran online versi pendidik (Viewsonic)

  1. Kualitas, konten yang tidak relevan, iklan, hak cipta dari sumber gratis: 84% pendidik mengaku menggunakan YouTube, dan 61% pendidik tidak menemukan video pembelajaran yang mereka butuhkan pada pencarian bebas di google.

  2. Pembatasan akses website tertentu: 30% pendidik melaporkan bahwa mereka kesulitan mengakses video, karena sekolah membatasi akses website tertentu.

  3. Waktu untuk persiapan: tantangan pendidik selanjutnya adalah beban kerja dan manajemen waktu. Lebih dari 60% pendidik mengatakan bahwa terkadang mereka merasa frustasi dalam mencari video pembelajaran yang sesuai.

Jadi, bagaimana? Seru bukan menjadi pendidik? Kamu tidak perlu merasa bingung untuk menyediakan video pembelajaran online. Kini kamu bisa mendiskusikan video pembelajaranmu bersama tim ilustrasi.id. ilustrasi.id tidak hanya didukung oleh sumber daya kreatif yang berkompeten, tetapi juga sumber daya yang paham mengenai pendidikan. Di ilustrasi.id kamu bisa mendapatkan layanan whiteboard animation dan video explainer custom untuk membuat media pembelajaranmu lebih menarik.

Sakti

Tim Ilustrasi.id