12 Website dan 7 Channel YouTube untuk Download Musik dan Backsound Video Gratis Tanpa Copyright

Apakah kamu pernah mengalami syndrome Tiktok? Auto joget kalau mendengar audio tertentu? Saat itu, musik atau backsound sedang mencoba memanggil memorimu dan menghubungkan mu kembali dengan konten tersebut. Selain memanggil memori, musik atau backsound yang sinergi dengan video juga bisa membuatmu terpaku pada layar dalam hitungan detik, terlepas itu video pendek atau pun panjang

Beberapa platform media sosial mengizinkan penggunaan musik atau backsound dari berbagai sumber. Namun jika kamu mengunggah video di Youtube atau Facebook dengan audio ber-copyright, videomu berpeluang besar tidak memiliki suara dan bahkan hilang dari peradaban. Konsekuensi paling berat adalah dituntut melalui jalur hukum oleh pencipta.

Mengenal istilah copyright

Copyright atau hak cipta merupakan hak kepemilikan karya baik itu audio, visual, maupun teks secara eksklusif yang dikantongi oleh pencipta. Kalau kamu menggunakan audio ber-copyright tanpa mengantongi izin, maka kamu termasuk melanggar Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak cipta. Solusinya, kamu bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pencipta, menggunakan musik non-copyright, atau menggunakan musik bebas royalti. Ingat, tujuan copyright tersebut adalah untuk melindungi karya pencipta supaya tidak disalahgunakan atau sengaja dikomersilkan secara pribadi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Website musik bebas royalti dan backsound gratis

Berikut ini adalah daftar website dan channel youtube bebas royalti dan backsound gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk melengkapi kebutuhan audiomu.

Channel youtube penyedia musik dan backsoud free copyright

Selain dari wesbsite dan channel di atas, kamu juga bisa memanfaatkan musik atau backsound non-copyright dari software editing, atau mendesain audio sendiri bersama komposer handal. Ada beberapa rekomendasi perangkat lunak untuk editing audio, seperti: Adobe Audition, Reaper, Audacity, Ableton Live, Cubase, dan FL Studio.

Semoga informasinya bermanfaat

Sakti

Tim ilustrasi.id