4 Tips Membuat Video Iklan Layanan Masyarakat dan Contohnya

If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his language,

that goes to his heart – Nelson Mandela

Sebanyak 35% orang Amerika memiliki sedikit atau pun bahkan tidak percaya sama sekali terhadap badan amal, dan 41% berpikir bahwa pemimpin lembaga non-profit mendapat bayaran lebih. Stereotip negatif ini membuat lembaga non-profit harus berhati-hati dalam mengelola urusan lembaga. Padahal kepercayaan termasuk dalam empat aspek kunci dari lembaga non-profit setelah akuntabilitas, kejujuran, dan keterbukaan.

Berkaca dari persentase di atas, tidak semua orang mau menginvestasikan waktu, tenaga, atau pun uang hasil jerih payah mereka untuk lembaga non-profit. Meskipun begitu, keputusan mereka untuk mempercayai lembaga non-profit tetap didasarkan pada informasi yang mereka dapat – misalnya melalui iklan layanan masyarakat. Semakin banyak publik yang percaya, maka semakin banyak kontribusi yang didapat.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan iklan layanan masyarakat tidak hanya untuk mendapatkan donatur atau relawan baru saja, tetapi juga untuk keperluan edukasi, informasi, himbauan, dan mengingatkan masyarakat. Bentuk iklannya pun juga bermacam-macam, seperti poster, gambar statis, gif, podcast, blog, video, dan masih banyak lagi.

Tips Membuat Video Iklan Layanan Masyarakat

Setelah mengetahui bentuk dan pentingnya iklan layanan masyarakat, berikut adalah 4 tips membuat video iklan tersebut:

  1. Pesan dan tujuan iklan jelas

Ada tiga tujuan iklan layanan masyarakat: informing atau menginformasikan, persuading atau ajakan, dan reminding dan mengingatkan. Tentukan salah satu tujuan tersebut, kemudian buat pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan jelas. Sebaiknya, pesan berisi kata kerja, karena kata kerja adalah inti dari kalimat yang pertama kali dipahami, baru kemudian kelas kata lainnya. Pesan dan tujuan iklanmu akan dikemas dalam bentuk skript video.

Baca juga: 4 Tips Menulis Skript Video yang Efektif

Contoh, kamu ingin membuat video himbauan (persuading) untuk mentaati protokol kesehatan saat pilkada, maka pesan yang kamu sampaikan adalah bentuk-bentuk taat protokol kesehatan dan pelaporan bila terjadi pelanggaran.

2.Komposisi video harus proporsional

Komposisi video yang dimaksud adalah apa-apa penunjang visualisasi, seperti: gambar, animasi, tipografi, backsong, dan suara latar. Komposisi video akan mempengaruhi sinkronisasi serta retensi audiens terhadap pesan yang kamu sampaikan. Jika ada kesalahan sinkronisasi, pesanmu benar-benar tidak akan tersampaikan. Ingat, tujuan penggunaan video adalah supaya pesanmu mudah dipahami dan diingat oleh audiens.

3. Pertimbangkan panjang durasi

Durasi video berhubungan dengan atensi audinens. Semakin panjang durasinya, makan atensinya akan semakin menurun. Bukan berati kamu tidak bisa menggunakan video berdurasi panjang, BISA namun tetap pertimbangkan efektivitasnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebaiknya gunakan durasi sependek mungkin untuk mengurangi penurunan atensi, serta maksimalkan 8 detik pertama untuk menarik minat audiens terhadap videomu. 8 detik pertama adalah fase penentu, apakah audiensmu akan terus menonton atau tidak.

Baca juga: Pertimbangan Penentuan Durasi Video yang Tepat untuk Kontenmu

4. Tips pamungkas: trigger words harus ada, tidak boleh ditawar

Trigger words adalah kata-kata pemicu yang mengarahkan audiens untuk melakukan suatu tindakan. Kamu membuat video yang ditujukan untuk manusia yang memiliki emosi, pikiran, dan kemampuan untuk bertindak. Kamu harus menggunakan trigger words untuk membangkitkan psychological trigger audiens.

Contoh, kamu ingin membuat video himbauan untuk mentaati protokol kesehatan saat pilkada, maka trigger wordsnya: mari terapkan dan awasi protokol kesehatan dalam pilkada 2020

Dengan trigger words, tujuan pesanmu akan dipahami dengan jelas oleh audiens.

Baca juga: Cara Menentukan Kata Pemicu yang Tepat untuk Video Explainermu

Contoh Video Iklan Layanan Masyarakat

Produk Video Iklan Layanan Masyarakat

Produk video iklan layanan masyarakat bisa bermacam-macam, seperti short movie, animasi explainer, whiteboard animation, dan masih banyak lagi. Namun semua jenis video iklan layanan masyarakat memiliki esensinya sama – supaya pesanmu mudah dipahami dan diingat oleh audiens, serta memicu tindakan.

Jangan ragu untuk menghubungi tim ilustrasi.id bila kamu membutuhkan jasa video iklan layanan masyarakat. Klik di sini supaya kamu langsung terhubung dengan admin kami.

Semoga informasinya bermanfaat

Sakti

Tim ilustrasi.id