Apa Itu Video Explainer | Jasa Animasi Explainer – ilustrasi.id

[ilustrasi] video explainer (ilustrasi.id)

Jika bisnismu ingin meningkatkan conversion rate, video explainer mungkin menjadi senjata rahasia yang kamu butuhkan – Andrew Angus (Founder dan CEO Switch Video)

Saat ini, orang-orang cenderung tidak ingin menghabiskan banyak waktunya untuk mengkonsumsi informasi yang tidak penting, jadi mereka lebih menyukai cara yang efektif untuk mencerna sebuah informasi. Maksudnya, mereka lebih menyukai konten dengan format video dibanding dengan teks. Karena menonton satu menit video setara dengan membaca 1,8 juta kata.

Salah satu video yang menarik untuk dibuat adalah video explainer.

Video explainer adalah video yang dirancang untuk memudahkan pemirsa memahami pesan atau informasi yang awalnya rumit menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dipahami. Video explainer biasanya disertai animasi, grafik, dan teks. Video Explainer bisa memberikan prospek pemahaman yang cepat tentang produk dan layanan yang kamu sediakan.

Mengapa harus video explainer?

Berdasarkan hasil penelitian Statistik Brain Research Institute, rentang waktu audiens tertarik dengan sesuatu adalah 12 detik di tahun 2000, kemudian menjadi 8 detik di tahun 2012. Rupanya, teknologi sangat mempengaruhi tingkat ketertarikan kita hingga sekarang kita memiliki rentang perhatian yang lebih pendek.

Yang lebih penting lagi, kini penyedia layanan atau brand manapun memiliki 8 detik waktu di awal untuk menarik perhatian audiens. Jika waktu 8 detik itu bisa menarik audiens, ia akan bertahan lebih lama pada konten tersebut. Jika tidak, audiens akan beralih mencari konten yang lainnya. Oleh karena itu, kamu membutuhkan konten yang bisa menarik perhatian mereka dengan cepat dan efektif – video explainer.

Video explainer tidak hanya bagus untuk membuat audiens mempelajari lebih lanjut mengenai layanan atau brandmu saja, tetapi juga bagus dalam menjaga attensi mereka. Dengan skrip yang tepat, kamu bisa mempertahankan perhatian setiap 8 detik yang kira-kira berisi 20 kata. Video explainer rata-rata ditonton sekitar 2,7 menit, dibanding dengan 28% teks situs web yang ditampilkan untuk dibaca.

Salah satu layanan yang mendapatkan dampak besar dari video explainer adalah CrazyEgg – sebuah layanan aplikasi analitik online untuk mengetahui dimana orang banyak mengeklik websitemu. CrazyEgg menambahkan video explainer di halaman berandanya yang membawa dampak peningkatan pendapatan bulanan sebesar $21.000.

Selain itu, juga ada Dropbox – layanan penyimpanan berjejaringan –yang awal dahulu brandnya berisi video explainer saja bisa mendatangkan pengguna baru sebanyak 10% dari 100 juta pengguna per-hari.

Apa kelebihan lain video explainer?

  1. Visual dan verbal learning

Sebuah penelitian pada 221 mahasiswa menunjukan bahwa 115 diantaranya belajar dengan gaya visual, 105 dengan bimodal (campuran), dan 11 dengan gaya verbal. Video explainer menawarkan gaya verbal dan visual untuk pembelajaran. Hal ini akan menarik bagi ketiga kelompok tersebut. Selain itu, 80-90% informasi yang disampaikan secara visual akan dipahami secara alami oleh otak.

  1. Presentasi yang jelas

Copy persuasif itu bagus, tapi jika dikombinasikan dengan suara, teks, dan grafik maka berkomunikasi pun juga akan lebih jelas. Jess Goldman – wakil presiden Rypple – mengatakan ini tentang video explainer: “Aku banyak mendengar dari orang-orang perusahaan atas bahwa video mengkomunikasikan informasi yang sangat mudah sekali untuk dipahami.”

  1. Penjelasan yang sederhana

Video explainer memaksamu untuk menjelaskan layanan atau brandmu menjadi 60-120 detik, atau 150-300 kata. Tantangan ini mengharuskanmu menemukan cara terbaik untuk menyampaikan manfaat produk atau layananmu dengan cepat dan jelas.

  1. Mudah dibagikan

Video tidak hanya berisi informasi saja, video juga lebih cenderung menghibur dan mengesankan. Video yang menarik dan lucu adalah salah satu jenis konten online yang dapat dibagikan. Video explaner lebih mungkin dibagikan dengan keluarga dan teman.

Dimana saya bisa mendapatkan video explainer?

Kamu bisa mendapatkan video explainer dengan menghubungi ilustrasi.id. Kenapa ilustrasi.Id? Karena kami didukung oleh sumber daya kreatif yang sangat berkompeten. Kami hadir berupaya menjawab tantangan yang semakin kompleks di era digital.

KONTAK:

Website : ilustrasi.id

Telp: 08980229455

E-mail: ilustrasi.ide@gmail.com

Kesimpulan

Video explainer adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens atau customer, untuk menyampaikan porsi informasi atau brand value, dan untuk menarik attensi mereka. Lembaga dan perusahaan besar sering menggunakan jenis tipe video ini untuk meningkatkan rasio konversi atau kunjungan situs web dan melakukan tindakan sesuai dengan yang kamu informasikan. Misalnya: melakukan pembelian, mengikuti himbauan, dan lain sebagainya.

Sakti

Tim ilustrasi.id