5 Tips Membuat Video Pembelajaran yang Inspiratif

[ilustrasi] Video Pembelajaran Inspiratif (ilustrasi.id)

Empat puluh tahun lalu, penggunaan video untuk pembelajaran di kelas menjadi hal yang baru, bisa dibilang hal itu menjadi bonus pembelajaran. Tidak jarang, video juga digunakan untuk memotivasi siswa. Mengapa video bisa digunakan untuk memotivasi siswa? Berikut jawabannya

  • Video dapat menarik perhatian siswa

  • Video melengkapi konsep teoritis di dalam kelas

  • Video bisa diputar berulangkali, sehingga siswa bisa mengulanginya sampai mereka paham

  • Video menjadi cara alternatif yang mudah dan cepat untuk menjelaskan

  • Video memberikan visualisasi yang jelas

  • Video menunjukan upaya persiapan pengajar, sehingga siswa lebih termotivasi lagi untuk belajar lebih giat

Sebenarnya video tidak hanya bisa memotivasi siswa untuk belajar materi yang tertentu saja, tetapi juga memotivasi mereka untuk mempelajari mata pelajaran tertentu. Jika mereka menyukai suatu pelajaran, sesulit apapun itu akan tetap mereka upayakan. Berikut ini adalah tips membuat video pembelajaran yang inspiratif

  1. Tentukan tujuan dan pencapaian

Video yang berhasil adalah video yang mampu memberikan dorongan motivasi yang nyata – memahami tujuan dan sasaran adalah komponen vital dari motivasi. Video tidak mungkin bisa memotivasi siswa, jika di dalamnya masih ada kebingungan dan ketidak pastian. Oleh karena itu, tetapkan tujuan dan pencapaian yang jelas. Perlihatkan video sesering mungkin untuk mengingatkan siswa tentang tujuan mereka. Jika ada tujuan, maka ada jalan.

Namun, untuk meminimalisir kesalahan, lakukanlah konfirmasi ulang mengenai tujuan diberikannya video tersebut kepada siswa.

  1. Berikan tips

Berikan tips yang bermanfaat untuk menyelesaikan tugas atau masalah siswa dalam pembelajaran. Pedoman penyelesaian masalah dan tips dapat menimbulkan rasa aman dari dalam diri mereka. Jika mereka tidak tahu dari mana harus menyelesaikan suatu permasalahan, maka mereka tidak akan termotivasi. Begitupula sebaliknya.

Jika siswa memiliki tips untuk menyelesaikan permasalahan, mereka akan merasa lebih siap untuk mengambil tindakan. Seperti menyertakan topik “5 tips untuk merangkai resistor” setelah penyampaian materi resistor, dan lain sebagainya.

  1. Berikan contoh yang sempurna

Aspek penting dari sebuah motivasi lainnya adalah mengapresiasi pencapaian dan kerja keras. Hal ini mampu meningkatkan motivasi dan moral secara substansial. Minimal berikan tepuk tangan atas pekerjaan siswa secara individu dan umumkan kontribusi dan pencapaian mereka melalui video.

Apresiasi dalam video juga bisa berupa pemberian contoh spesifik karya yang berhasil atau bagus. Hal itu akan memotivasi dan menginspirasi siswa untuk memberikan usaha terbaik mereka. Dengan video tersebut juga, kita bisa meningkatkan kompetisi antar siswa untuk menjadi yang terbaik.

  1. Sertakan keberhasilan siswa sebelumnya

Siswa memiliki kedekatan emosi dengan tempat mereka belajar, baik kepada manusia ataupun segala sesuatu yang mampu membangun ingatan mereka. Maka memotivasi siswa untuk melakukan yang terbaik, mencapai impian mereka dengan menunjukan beberapa contoh singkat kisah sukses alumni terdahulu menjadi cara yang tepat juga. Motivasi bisa berupa foto, testimoni, atau cerita singkat pencapaian alumi menuju kesuksesan. Misal, menampilkan video presentasi perakitan mesin pendingin saat mengikuti suatu lomba elektronika pada materi kelistrikan.

  1. Muat pelajaran kehidupan

Pikirkan sesuatu yang out of the box – manusia terus belajar untuk bertahan hidup. selain itu pelajaran hidup bisa memotivasimu dimanapun dan kapanpun. Motivasi video tidak harus memiliki topik yang sama dengan mata pelajaran tertentu, minimal memiliki sedikit kesinambungan. Misal memulai kegiatan pembelajaran dengan cerita yang menyenangkan. Hal itu merupakan motivator yang hebat di mata pelajaran apapun.

Kisah-kisah inspiratif juga dapat menarik perhatian siswa yang mendalam. Sebuah video yang menyoroti makna kehidupan akan memukau dan memotivasi mereka untuk berbuat lebih banyak dalam hidupnya. Gunakan kutipan inspirasional, pesan positif, atau kata-kata penyemangat dalam videomu.

  1. Pesan positif

Pada akhirnya suasana yang positif dan kebahagiaan di dalam kelas merupakan faktor utama keberhasilan engagement, motivasi, produktivitas, dan kesuksesan. Kontributor suasana yang positif dan bahagia adalah percaya diri dan kesenangan. Masukan aspek yang menyenangkan ke dalam kelas dengan menunjukan video lucu kepada siswa yang berhubungan dengan topik yang kamu miliki. Humor mampu membantu perilisan hormon dopamine untuk meningkatkan kebahagiaan mereka.

Sakti

Tim ilustrasi.id