4 Tips Memilih Jasa Pembuatan Video Animasi Profesional

[Ilustrasi] Jasa video animasi profesional (ilustrasi.id)

Jasa pembuatan video animasi menjadi opsi yang relevan untuk mendapatkan perhatian audiens dengan budged dan waktu yang sangat terbatas. Apalagi jika kamu sedang menginginkan campaign yang sifatnya menghibur, pilihan jenis video ini bisa menambang peluang engagement audiens.

Sebenarnya ada banyak sekali macam video animasi yang sering kita temui, seperti animasi explainer, whiteboard animation, stopmotion, anime, animasi 2D, animasi 3D, dan masih banyak lagi. Esensinya, pilihlah jenis video yang tidak menimbulkan banyak distraksi pada tujuanmu. Misal kamu memerlukan video animasi untuk pembelajaran, maka gunakanlah whiteboard animation dari pada anime. Karena video pembelajaran membutuhkan visualisasi sederhana dan menarik perhatian mata audiens, bukan atribut yang kompleks seperti anime.

Tips Memilih Jasa Video Animasi Terpercaya

Setelah memutuskan untuk menggunakan video animasi, maka selanjutnya kamu harus memastikan telah memilih jasa video animasi profesional. Berikut tips memilihnya

  1. Cari rekomendasi sebanyak-banyaknya dan bandingkan

Rekomendasi bisa didapat dari browsing di internet atau sosial media. Algoritma google sekarang mendukung rekomendasi yang sesuai dengan pencaharian terakhirmu. Kamu akan diarahkan pada penyedia jasa yang berkaitan.

Selain itu, rekomendasi juga bisa didapat dari teman, keluarga, atau pasangan yang pernah menggunakan jasa animasi. Menurut Onbee Marketing Research, 80% konsumen di Indonesia lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga sebelum memutuskan untuk membeli layanan atau produk.

Setelah mendapatkan banyak rekomendasi maka bandingkan, kemudian eliminasi yang tidak sesuai dengan selayang pandang mu. Misal kamu mencari rekomendasi animasi, tetapi juga mendapatkan rekomendasi video biasa, shooting video, dan lain sebagainya, maka coret dan pertahankan jasa pembuatan animasi.

  1. Profil jelas

Penyedia jasa video animasi bisa didapat dari place market, media sosial, atau pun website. Biasanya jasa terpercaya memiliki website resmi. Kalau kreator lepas biasanya memiliki banyak portofolio yang dia share di media sosialnya. Hal itu bisa menjadi pertimbangan awal.

Kemudian, pelajari produk, layanan, alur, dan metode pembayaran. Kalau mereka tidak memberikan keterangan harga, kamu bisa mengontak langsung narahubung yang tertera.

  1. Menunjukan portofolio

Setelah mempelajari profil dan produk, hal wajib yang harus dilakukan – tidak boleh di-skip – adalah melihat portofolio. Jangan mengambil penyedia jasa yang tidak mau menunjukan portofolionya. Hal itu bisa menjadi indikasi bahwa mereka kurang percaya diri dengan produk dan layanan mereka sendiri. Kalau mereka tidak percaya diri dengan karyanya, bagaimana kamu?

Portofolio juga bisa menjadi pertimbangan seluruh komponen video, seperti voice over atau suara latar, detil animasi, tipografi, proporsi dan lain sebagainya. Selain itu, melihat portofolio juga bisa menjadi pertimbangan kecocokan jenis animasi dengan kebutuhanmu. Jangan sampai terlalu heboh untuk kebutuhan yang sederhana.

  1. Membangun social trust

There is a grat difference between trust and belief. Trust is personal, belief is social – Rajnesh

Penyedia jasa yang terpercaya selalu membangun social trust dengan audiensnya. Seperti membagikan testimoni, ajek membuat konten media sosial, konten media sosial yang relevan dengan jasanya, menyediakan fasilitas trial atau seminar gratis, memberikan daftar klien, feedback yang baik terhadap respon audiens, dan masih banyak lagi. Kuncinya, semakin sering penyedia jasa berinteraksi dengan audiens, semakin mudah ia dipercaya publik.

Membangun social trust sama seperti membagikan culture dan keseriusan penyedia jasa untuk mengerjakan projek. Kalau testimoni, konten media sosial, dan daftar kliennya bagus, peluang kredibilitasnya juga akan naik.

Video yang baik adalah video yang mampu menyampaikan pesan rumit menjadi lebih sederhana, sehingga mudah dimengerti dan menimbulkan ingatan baru audiens.

Semoga informasinya bermanfaat.

Sakti

Tim ilustrasi.id