Lembaga dan Industri yang Sebaiknya Memiliki Video Animasi

Kenapa harus video? Karena orang-orang memiliki banyak kesibukan, ditambah selama pandemi Covid-19 waktu screen time audiens juga meningkat drastis hingga 7-8 jam dalam sehari. Selain itu juga ada beberapa alasan pendukung lainnya, seperti: trend campaign, efektivitas (menonton 1 menit = membaca 1,8 juta kata), memperbesar peluang 53 kali lebih mungkin muncul di halaman pertama pencarian google, memicu sharing yang tinggi, dan lebih mudah viral. Banjir sekali alasannya.

Lalu, kenapa harus animasi? Karena animasi memiliki kesan menghibur yang lebih dominan dari pada promosi. Stereotip memiliki penjelasan detil juga melekat di sana. Meskipun ada banyak sekali jenis animasi, seperti animasi explainer, whiteboard animation, stopmotion, anime, animasi 2D/3D, dan lain sebagainya, sebaiknya pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misal, gunakan animasi explainer untuk iklan layanan masyarakat wajib protokol kesehatan selama pemilu, atau gunakan whiteboard animation untuk menceritakan kronologi berita. Jangan terlalu heboh untuk menyampaikan informasi yang sederhana. Misal, jangan menggunakan anime untuk menceritakan kronologi berita. Hal itu akan menimbulkan banyak distraksi, seperti audiens akan lebih memperhatikan animasi dari pada informasinya.

Sebelum mengenal pengguna video animasi, mari mengenal fungsi animasi terlebih dahulu, berikut fungsinya: edukasi, menghibur, iklan, visualisasi ilmiah, dan pelengkap.

Lalu, sebaiknya video animasi dimiliki oleh industri apa saja?

E-commerce dan marketplace

Selain penggunaan ilustrasi pada banner pada copy, penggunaan video animasi menjadi trend e-commerce pada tahun 2020. Coba perhatikan e-commerce yang sudah berkembang seperti Gojek, Grab, dan KAI Acces. Mereka menggunakan video animasi pada halaman download aplikasi di PlayStore. Tujuannya supaya video bisa disesuaikan ketika ada perubahan fitur, karakter utama, atau alasan lainnya. Selain itu, harga produksi juga lebih ekonomis dan pesan bisa disampaikan secara detil.

Hal ini berlaku untuk berbagai jenis e-commerce, seperti kesehatan, travel, perhotelan, makanan dan lain sebagainya. Marketplace berbasis aplikasi maupun website seperti Shopee, Tokopedia, dan Watson juga menggunakan video animasi.

Pendidikan

Video animasi biasanya digunakan sebagai media pembelajaran, baik sebelum pembelajaran jarak jauh maupun jarak dekat. Alasannya cukup sederhana, karena video animasi bisa memberikan visualisasi materi rumit menjadi lebih sederhana. Hal itu bisa menjadi solusi ketika alat dan bahan untuk kegiatan pembelajaran tidak bisa dijangkau oleh peserta didik, seperti animasi mikroskop elektron, pencampuran bahan kimia dan lain sebagainya tanpa mengurangi pemahaman visualisasi aslinya.

Esensinya, video animasi bisa digunakan untuk meningkatkan retensi peserta didik. Harapannya, video animasi bisa membantu peserta didik mengingat kembali materi yang telah disampaikan pada periode tertentu dengan lebih cepat.

Baca juga: [Studi Literatur] Pengaruh Whiteboard Animation pada Retensi dan Pengalaman Belajar pada Materi Fisika Lanjut

Video Pembelajaran: Fakta, Data, dan Trend Terbaru

Kesehatan dan keuangan

Fungsi video animasi pada industri kesehatan dan keuangan yang sering kita jumpai adalah video dengan tujuan edukasi atau kampanye. Hampir mirip dengan industri pendidikan. Selain itu, tidak jarang industri kesehatan dan keuangan juga menggunakan animasi explainer untuk menampilkan fasilitas, keunggulan, visi misi, dan kebutuhan lain penunjang promosi.

Lalu, sebaiknya video animasi dimiliki oleh lembaga apa saja?

Non Government Organization (NGO) atau lembaga swadaya swadaya masyarakat Government Organization (GO) atau lembaga pemerintahan sebaiknya memiliki video animasi, karena mereka langsung terhubung dengan masyarakat. Video animasi menjadi opsi yang tepat untuk kebutuhan campaign mereka yang tidak ada habisnya. Video animasi lebih ekonomis, dan waktu produksi yang relatif lebih cepat dibanding jenis video iklan lainnya.

NGO dan GO biasanya menggunakan jenis video animasi explainer, whiteboard animation, dan animasi 2D atau 3D. Jarang sekali menggunakan video animasi yang terlalu mewah.

Semoga informasinya bermanfaat

Sakti

Tim ilustrasi.id