8 Fakta Video Explainer yang Harus Kamu Ketahui

Berikut ini adalah fakta menarik tentang video explainer, serta penjelasan singkatnya mengapa kamu membutuhkan video ini.

Fakta 1: meningkatkan konversi website

Video yang diletakkan di halaman website bisa meningkatkan konversi – tindakan yang kamu inginkan untuk dilakukan para audiens – hingga 80% dan meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat.


Fakta 2: meningkatan minat audiens

Ketika website berbasis teks menjaga attensi audiens dengan rata-rata 8 detik, situs web yang dilengkapi dengan explainer video akan mempertahankan attensinya hingga 2 menit.

Fakta 3: panjang maksimus 2 menit

Durasi video explainer tidak boleh melebihi dua menit, kecuali dengan beberapa alasan tertentu. Ilustrasi.id akan memberikan alasan penentuan durasi video explainer di sini.

Fakta 4: untuk diingat

Jika kita menerima informasi dari audio, kita akan mengingat 95% informasinya. Sedangkan dengan membaca, kita hanya akan mengingat sekitar 10% dari informasi yang disampaikan.

Fakta 5: informasi berkecepatan tinggi

Otak kita memproses informasi dari video explainer 60 ribu kali lebih cepat daripada informasi teks.

Fakta 6: bisa membuat websitemu berada di top search google

Video explainermu bisa meningkatkan peringkat halaman google. Pengkombinasian teks, gambar, video explainer dan komponen multimedia lainnya merupakan indikator kualitas konten.

Fakta 7: memanfaatkan rentang attensi pendek sebaik mungkin

Apakah kamu pernah menemukan website tertentu tanpa sengaja, dan benar-benak tidak mengerti apa yang ada di dalamnya? Ingat, rentan pertimbangan untuk terus memberikan attensi audiens saat ini adalah 8 detik (rata-rata). Artinya, setiap website ataupun media sosial lainnya memberikan waktu 8 detik untuk membangkitkan minat. Kalau tidak ada, maka audiens akan pergi dan peluang untuk kembalipun akan menurun. Video explainer bisa meningkatkan peluang audiensmu untuk memahami produk atau layananmu saat kunjungan pertama hingga 74%.

Fakta 8: menstimulasi peningkatan penjualan

Setelah audiens menonton video explainermu di website, 85% dari mereka berkemungkinan untuk melakukan transaksi. Jadi jika websitemu memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan, video explainer menjadi hal yang harus kamu miliki.

Sakti

Tim ilustrasi.id