11 Contoh Video Animasi Explainer yang Inspiratif untuk Berbagai Keperluan

Animation can explain whatever the mind of man can conceive – Walt Disney

Konten video pasti menjadi salah satu opsi media marketing, baik untuk Lembaga profit maupun non-profit. Kreator di berbagai media sosialpun kini mulai beralih ke konten video. Mengapa? Karena jangakauannya lebih besar dari pada konten non-video. Apakah hal itu juga berlaku untuk website? Tentu saja. Coba ketikan keyword tertentu pada mesin pencarianmu, misal Kota Semarang atau Tahu Bakso. Pasti akan ada konten video yang terindeks di halaman pertama.

Video adalah media dengan komponen yang paling banyak – audio, visual, dan teks. Jadi tidak mengherankan kalau dampaknya sangat powerful dalam dunia digital maupun non digital jika dibandingkan dengan media jenis lainnya – tentu harus diimbangi dengan konten yang menarik. Coba ingat-ingat lagi ketika kamu mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, betapa kamu excited dengan media video. Apalagi kalau tugasnya menonton video.

Itu adalah contoh video yang menarik perhatian siswa (untuk menarik perhatianmu), bagaimana kalau digunakan untuk kepentingan konversi bisnis? Wah bisa masuk ke daftar media efektif pastinya.

Jenis-jenis video pun beragam. Secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua: video yang diambil dengan kamera dan video computerized (video yang diproduksi dengan desain sendiri, seperti video animasi). Kali ini ilustrasi.id akan berbagi tentang video animasi explainer. Video animasi explainer adalah video animasi berdurasi pendek yang berfungsi untuk menjelaskan ide atau gagasan supaya lebih mudah dipahami audiens.

Baca juga: Bagaimana Cara Video Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Jika diperhatikan sekilas, lembaga-lembaga yang mulai menjamah dunia digital – secara profesional – pasti akan memproduksi video animasi explainer. Baik itu Lembaga profit ataupun non provit. Berbeda dengan video demo, video animasi explainer memiliki masa hidup yang lebih panjang, karena relevansinya. Berikut adalah contoh video animasi explainer yang inspiratif untuk berbagai keperluan.

  1. Bawaslu Jawa Tengah

Video animasi explainer untuk iklan layanan masyarakat

Jenis: Animasi 2D

2. Spotify

Video animasi explainer untuk launcing produk di US

Jenis: Animasi 2D

3. Bukalapak

Video animasi explainer untuk

Jenis: Animasi 2D dikombinasikan dengan stop motion

4. Meldify

Video animasi explainer untuk aplikasi profile

Jenis: Animasi 2D

5. BUMN

Video animasi explainer untuk video pelatihan

Jenis: Animasi 2D dikombinasikan dengan stop motion

6. Kurzgesagt

Video animasi explainer untuk edukasi sistem imum

Jenis: Animasi 2D yang dikombinasikan dengan stop motion

7. Martunas Alekna

Video animasi explainer untuk berbagi tips kesehatan

Jenis: animasi 2D

8. Grab Indonesia

Video animasi explainer untuk sinergi produk Bersama grab Indonesia

Jenis: animasi 2D

9. Kementrian Kesehatan Indonesia

Video animasi explainer untuk edukasi masker

Jenis: animasi 2D yang dikombinasikan dengan stop motion

10. Indinesia Baik

Video animasi explainer untuk edukasi teknologi

Jenis: animasi 2D

11. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia

Video animasi explainer untuk panduan meliput selama pandemi Covid-19

Jenis: Whiteboard animation

Masih banyak sekali contoh video animasi explainer yang digunakan oleh Lembaga besar, bahkan platform media sosial pun juga menggunakannya. Sebut saja facebook bisnis ads. Ketika baru pertama kali mendaftar, atau akan menggunakan facebook ads pasti kamu akan disuguhkan dengan video animasi explainer. Tapi sayang sekali video tersebut tidak tersedia di youtube sehingga kami tidak bisa menampilkannya di sini. Sebagai gantinya, ilustrasi.id akan menambahkan video animasi explainer dari NetworkRMIT yang memiliki jenis sama seperti facebook bisnis ads.

Itulah sederet contoh video animasi explainer yang menginspirasi untuk berbagai keperluan. Jangan ragu-ragu memberi tahun tim ilustrasi.id jika kamu membutuhkan video animasi explainer, dan mari terus berkembang bersama.

Semoga informasinya bermanfaat

Sakti

Tim ilustrasi.id